Pages - Menu

Minggu, 26 Oktober 2014

Ide Mengajar tema Self Introduction



I call it ”Teaching idea ” atau Ide mengajar… bukan Strategi pembelajaran atau Metode Pembelajaran. Kalo menyebutnya demikian rasanya saya seorang ahli pendidikan,  padahal  saya  guru yang ilmunya masih minim..tapi saya tetap ingin berbagi. So Here I am..writing  for my blog..
Postingan kali ini saya akan membahas ide mengajar SELF INTRODUCTION,  Especially guru Kelas VII bahasa inggris pasti sudah familiar ya dengan tema ini. Tapi guru bahasa arab atau bahasa lain mungkin bisa aplikasikan sesuai kebutuhan. Nah ini dia Idenya :
1.      Hello Game
Target Bahasa : Nama, Perkenalan dasar dan sapaan
Material : Gendang, peluit, atau sumber bunyi lain, sebuah bola
Prosedur:
1.  Seluruh siswa duduk melingkar, Guru berdiri di tengah
2.  Guru mendekati salah seorang siswa, berjabat tangan dan mengucapkan Hello, my names is..
3.   Guru dan siswa tersebut sekarang berdiri dan memperkenalkan diri ke siswa lainnya.kemudian mereka semua berdiri dan memperkenalkan dirinya juga  ke siswa lain.
4.  Ketika semua siswa sudah berdiri dan bergerak , Guru meniup peluit .Guru dan siswa harus berlari mencari tempat duduk sehingga tersisa satu siswa yang tidak dapat.
5.  Siswa yang tidak medapatkan kursi berdiri di tengah lingkaran dan memulai permainan kembali.Guru juga duduk seperti siswa.
Follow up 1: Ketika semua sudah berkenalan,siswa masih dalam posisi melingkar melempar bola ke yang lainnya, sambil berkata : Hello, I’m…
Follow up 2: Siswa 1 melempar bola ke Siswa 2,memanggil namanya, Siswa 2 menjawab Hello…,how are you? Mereka kemudian bertukar tempat.
Variasi 1    : Selain Hello, Bisa menggunakan Good morning atau Good afternoon
Variasi 2    : Selain my name is..Gunakan I’m…
Variasi 3    : Siswa harus bisa menjawab Nice to meet you setelah beberapa putaran.

2.       Name A to Z
Target Bahasa : What’s your name? …My name’s…/ I’m…Alphabet
Material : -
Prosedur :
1.       Siswa saling memperkenalkan diri ;
-          What’s your name?
-          My name’s…
2.       Kemudian setelah semua berkenalan mereka berbaris berdasarkan urutan abjad ( dari A ke Z).  Jika ruangan kelas tidak cukup luas siswa dapat membentuk lingkaran.
Variasi : Untuk siswa yang sudah maju bahasa inggrisnya bisa diminta untuk menambahkan sebuah kata adjective di depan namanya. Contoh ; I’m a Smart Nina.

Nah,demikian ide pembelajarannya. Untuk kali ini cukup  dua dulu..Insya Allah ada lagi di postingan berikutnya..jadi rajin-rajin mampir ke blog ku. Semoga bermanfaat ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar